Para Khatib Jumat Menggelar Workshop Penguatan Fikih Kebangsaan

Para Khatib Jumat Menggelar Workshop Penguatan Fikih Kebangsaan*

Seusai sessi pertama yang membahas tentang Fikih Kewarganegaraan, Wadah Silaturahim Khatib Indonesia (WASATHI) bersama penceramah agama dan utusan Ormas Islam se Cikarang kembali membahas Fikih Kebangsaan. Narasumber yang hadir di antaranya KH. Qomarudin Hidayat, Ketua PCNU Kab. Bekasi, dan Ust. Fauzan Amin, Ketua Umum WASATHI.
Kyai Qomarudin menekankan bahwa doktrin NU sangat kompatibel dan relevan untuk penguatan persaudaraan umat Islam (ukhuwah Islamiyah), persaudaraan sesama manusia (ukhuwah insaniyah), dan persaudaraan kebangsaan (ukhuwah Wathoniyah). Dalam kontek persaudaraan ini, maka umat Islam hendaknya menjadi teladan bahwa dalam berinteraksi antar sesama warga, tidak boleh membedakan atas dasar perbedaan agama dan suku.

Fauzan Amin selalu Ketua Umum WASATHI, menekankan tentang isu vaksinasi Covid 19. Isu vaksinasi rentan dipolitisasi oleh kelompok intoleran. Padahal, pemerintah dan MUI sudah jelas mengkampanyekan vaksinasi Covid agar rakyat Indonesia segera keluar dari Pandemi Covid 19. Selanjutnya, jika Indonesia bisa mengatasi Pandemi maka, Indonesia bisa segera bangkit dari kesulitan sektor ekonomi sebagai imbas dari Pandemi Covid 19.


Tujuan pemerintah yang mulia tersebut justru dipelintir oleh kelompok intoleran yang membuat berita hoaks dan fitnah bahwa Covid 19 adalah rekayasa negara asing, Pemerintah membohongi rakyat, Anggaran Covid hanyalah untuk keuntungan elit saja.
Narasi minor terhadap Vaksinasi Covid 19 itu bisa menghambat kesuksesan program vaksinasi yang ujung-ujungnya justru merugikan kesehatan dan pertumbuhan ekonomi nasional.
Maka, WASATHI akan terus mengkampanyekan program vaksinasi melalui jejaring khutbah Jum’at dan aktivis Ormas Islam.


WASATHI memandang bahwa jaringan khatib melalui otoritasnya di ibadah khutbah Jum’at sangat vital untuk dioptimalkan sebagai bentuk tanggungjawab khatib terhadap upaya perwujudan kehidupan rakyat yang sehat, kuat, dan tercerahkan dalam komitmen merawat spirit kebangsaan. (Cikarang, 24 April 2021)

About Wasathi Pusat

Check Also

Workshop Khatib Moderat : Upaya mencegah Faham Intoleran, Radikalisme, Terorisme

*Para Khatib Jumat dan Penceramah Di Cikarang Berkumpul Tangkal Paham Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme. Untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *